0813-1244-2505 nh.transwisata@gmail.com

Candi Sambisari

Candi Sambisari ~ Berkunjung ke kota istimewa untuk menikmati liburan bersama dengan keluarga adalah sesuatu yang menyenangkan. Banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi saat kita sedang liburan ke jogja. Wisata Alam, Pantai, Sejarah dan Budaya semuanya ada di Kota Istimewa ini.

Salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk liburan adalah Candi Sambisari. Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Untuk lebih detailnya sobat bisa mengikuti maps yang ada di artikel ini.

Candi Sambisari

Candi Sambisari sempat lama terkubur berabad-abad di dalam tanah dan ditemukan oleh seorang petani dan sampai sekarang ini tidak pernah pudar memancarkan kemegahan dari candi ini. Namun yang menjadi lebih indah lagi adalah candi ini terletak di daratan yang lebih rendah dari tanah disekitar lokasi candi. Candi Sambisari ini cukup ramai untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Pada Jaman dulu kala, kawasan utara yogyakarta adalah sebuah kawasan peradaban Mataram kuno. Banyak ditemukan candi-candi yang dibangun di area utara yogyakarta yang digunakan sebagai tempat pemujaan yang berdiri dengan gagahnya. Candi ini berderet-deret dari kaki Gunung Merapi hingga pegunungan Batur Agung.

Hingga akhirnya tiba suatu masa dimana Gunung Merapi mengalami Erupsi besar yang memuntahkan material vulkanik ke segala penjuru yang menghancurkan kehidupan masyarakat sekitar dan mengubur banyak candi tidak terkecuali candi sambisari ini. Candi Sambisari terkubur amat dalam dan baru ditemukan sekitar tahun 1966.

Sejarah pendirian Candi Sambisari belum dapat diketahui secara pasti karena tidak adanya bukti konkret. Namun dilihat dari arsitektur bangunannya, candi ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 812 – 838 M, semasa dengan Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sojiwan.

Komplek candi terdiri dari 1 buah candi induk dan 3 buah candi pendukungnya. Terdapat juga 8 buah lingga patok yang tersebar sesuai penjuru arah mata angin. Sepintas candi ini tampak seperti sebuah kastil di tengah taman. Karena sekeliling candi ini dihiasi rerumputan hijau yang tertata rapi bagaikan taman di halaman kerajaan dengan candi di tengah sebagai pusatnya.

Saat baru pertama kali masuk dan menaiki tangga induk, kamu akan menemukan sebuah hiasan berupa singa yang ada didalam mulut makara (hewan dalam mitologi Yunani). Setelah menaiki tangga tadi, kamu akan menemukan selasar selebar kurang lebih 1 meter. Lalu ketika mengelilinginya kamu akan menjumpai 3 relung yang masing-masing berisikan sebuah arca.

Di sisi utara terdapat arca Dewi Durga yang merupakan istri dari Dewa Syiwa, dengan 8 tangan yang masing-masing menggenggam senjata. Lalu di sebelah timur candi ini terdapat arca Ganesha dan di sisi selatannya terdapat arca Agastya.

Di dalam ruang utama candi utama terdapat lingga dan yoni yang cukup besar. Keberadaan lingga dan yoni ini menegaskan bahwa candi ini dipakai sebagai pemujaan Dewa Syiwa. Keluar dari bangunan candi utama, di sisi barat kamu akan dapat melihat ketiga candi pendamping. Diperkirakan ketiga candi pendamping ini sengaja dibangun tanpa atap karena pada saat penggalian tidak ditemukan batu-batu yang menjadi bagian atapnya.

Selain bangunan utama candi dan areal tamannya, di kawasan Candi Sambisari ini juga terdapat museum mini yang berisikan informasi mengenai sejarah penemuan hingga eskavasi candi tersebut. Didalam museum terdapat beberapa batuan, arca, juga foto-foto yang menggambarkan kondisi sebelum candi ditemukan yang sebelumnya berupa areal persawahan. Lalu ada juga foto-foto mengenai proses penggalian dan rekonstruksi Candi Sambisari yang berjalan selama puluhan tahun.

Nah jika anda tertarik untuk mengunjungi Candi Abang ini namun anda bingung mau kemana setelahnya anda bisa menggunakan jasa layanan Paket Wisata Jogja di Jogja Visitour ini. Tersedia berbagai macam pilihan paket wisata jogja seperti Paket Wisata Jogja 1 HariPaket Wisata Jogja 2 Hari 1 MalamPaket Wisata Jogja 3 Hari 2 MalamPaket Wisata Jogja 4 Hari 3 MalamPaket Wisata Jogja Honeymoon dan Paket Outbound.

Leave a Reply

Hubungi Kami